You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rindan Permai

Desa Rindan Permai

Kec. Bangkinang Kota, Kab. Kampar, Provinsi Riau

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA RIDAN PERMAI KECAMATAN BANGKINANG KOTA, SILAHKAN MEMGHUBUNGI ADMIN UNTUK LAYANAN MANDIRI DESA WA/TLP:082255237235 (AKMALUL FAJAR)

Penyaluran BLT DD 2024 Triwulan 3 di Desa Ridan Permai Kecamatan Bangkinang Kota

Operator Ridan Permai 30 September 2024 Dibaca 6 Kali
Penyaluran BLT DD 2024 Triwulan 3 di Desa Ridan Permai Kecamatan Bangkinang Kota

RidanPermai.desa.id - BLT Dana Desa 2024 adalah program pemberian bantuan berupa dana tunai kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang tinggal di desa. Program ini menggunakan Dana Desa, yaitu bagian dari transfer ke daerah yang diperuntukkan bagi desa untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan. Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan

penyaluran BLT perlu memperhatikan kriteria penerima manfaat yang tepat. Pemilihan penerima BLT harus didasarkan pada data yang akurat dan kondisi riil masyarakat setempat. Hal ini akan memastikan bahwa bantuan tersebut benar-benar sampai kepada yang membutuhkan dan dapat memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan.

Selain itu, transparansi dalam mekanisme penyaluran BLT juga merupakan hal yang krusial. Pemerintah desa perlu memastikan bahwa proses seleksi penerima BLT dilakukan secara adil dan tidak diskriminatif. Dengan demikian, akan tercipta kepercayaan masyarakat terhadap program tersebut serta mencegah potensi penyalahgunaan dana.

Namun, tantangan juga dapat muncul dalam penyaluran BLT, seperti penyalahgunaan dana, kesulitan teknis, atau ketidakmampuan dalam memastikan bantuan benar-benar menyentuh sasaran. Oleh karena itu, perlu adanya pengawasan yang ketat serta mekanisme evaluasi yang berkelanjutan guna memastikan efektivitas dan efisiensi dari program tersebut.

Selain memastikan penyaluran BLT berjalan lancar, penting pula untuk memperhatikan upaya pemantauan dan evaluasi dampak dari bantuan tersebut. Dengan demikian, pemerintah desa dapat mengevaluasi keberhasilan program, mengetahui perubahan yang terjadi di masyarakat penerima, serta melakukan perbaikan atau penyelesaian apabila terjadi perubahan terhadap penerima.

Senin 30 September 2024, Bertempat di Kantor Desa Ridan Permai kegiatan penyaluran BLT DD 2024 Triwulan 3 ( juli, agustus, September) berlangsung dengan lancar dan tertib, penyaluran ini di laksanakan lansung oleh Kepala Desa Ridan permai dibantu oleh Perangkat Desa. dalam rinciannya penerima BLT DD berjumlah 72 orang dengan total dana yang disalurkan Rp 64.800.000, dengan penerimaan Rp 900.000 per orang untuk 3 bulan bantuan. Yang mana nilai bantuan per bulan sebesar Rp 300.000. Penyaluran BLT DD kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bertujuan agar dana desa dirasakan oleh masyarakat yang kurang mampu, khususnya untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat. Diharapkan segala macam bentuk bantuan yang disampaikan kepada masyarakat betul-betul tepat sasaran dan tepat guna, benar-benar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat penerima bantuan. 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image